Manfaat dan khasiat buah mengkudu

Banyak khasiat dan manfaat tanaman mengkudu diantaranya sebagai daya tahan tubuh, mencegah peradangan, mencegah resiko terkena serangan jantung, Hipertensi/darah tinggi, obat nyeri sendi, anti jamur, anti parasit, anti bakteri yang bagus untuk kulit anda, dan manfaat tanaman mengkudu lainnya mulai dari buah, daun, batang, kulit batang, akar dsb.

Tanaman mengkudu biasa tumbuh di alam liar di halaman belakang rumah atau di kebun tanpa dibudidayakan. Seiring berkembangnya jaman tanaman ini mulai dikembang biakkan secara besar dalam skala industri.

Nama tanaman mengkudu adalah sebagai berikut :  keumeudee (Aceh), Jawa (pace, kemudu, kudu); cangkudu (Sunda), kodhuk (Madura), tibah (Bali), Noni (bahasa Hawaii), Nono (bahasa Tahiti), Nonu (bahasa Tonga), ungcoikan (bahasa Myanmar) dan Ach (bahasa Hindi) Tanaman ini diperkirakan berasal dari daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae.


manfaat buah mengkudu
manfaat buah mengkudu

Ciri-ciri tanaman atau buah mengkudu adalah:

Ciri Pohon Mengkudu

Pohon mengkudu biasa tidak terlalu besar dan terlalu tinggi, biasa tingginya sekitar 4-6 meter. Batang tanaman mengkudu berwarna coklat, pada batang muda agak coklat krem, pada ujung batang yang masih muda berwarna hijau. Dahan dari mengkudu tua biasa agak kaku, dahan agak kasar, akarnya tunggang.

Ciri Daun Mengkudu

Daun mengkudu biasa agak tebal, berwarna hijau, daunnya lebar atau besar dan tepi daunnya rata.

Ciri Bunga dan Buah

Bunga dari tanaman mengkudu majemuk, bunganya bulat memiliki tangkai sepanjang 4cm bermahkota putih, bentuknya menyerupai corong memiliki benang sari pada tengah kelopak bunga, putik benang sari pada bunga mengkudu berjumlah 2. Sedang kan pada buahnya waktu masih mudah berwarna hijau sedangkan apabila sudah tua berwarna putih kekuningan, dan ada ruas-ruas buah seperti pada buah nanas.

Manfaat tanaman atau buah mengkudu:

1.Untuk membantu masalah ambeien/ sembelit

Buah dan daun mengkudu untuk membantu masalah ambeien, cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan buah mengkudu dan daunnyauntuk di rebus agar mendapatkan manfaat. Cara lengkapnya

Rebus buah dan daun mengkudu dalam 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas saja
Minum rebusan air mengkudu secara teratur
Rebusan buah dan daun mengkudu memiliki kandungan serat serat sehingga dapat meringankan pencernaan dan terhindar dari masalah sembelit

2.Menyehatkan Tulang

Kandungan asetil, metil, asam kapril, morindone pada buah mengkudu bermanfaat untuk menguatkan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang dalam tubuh agar tehindar dari penyakit tulang diantaranya yaitu: osteoporosis, pengapuran tulang dsb

3.Kesehatan kulit (mengatasi masalah kulit bersisik)

Kulit bersisik bisa di akibatkan karena kulit kering, biasanya saat perubahan cuaca atau pengaruh kelembaban udara. Untuk membuat kulit kembali lembab bisa memanfaatkan khasiat dari buah mengkudu. Caranya adalah sebagai berikut:

Ambil buah mengkudu yang telah masak, usahakan masak atau matang di pohon
Belah buah mengkudu menjadi 2 bagian lalu potong-potong menjadi kecil-kecil, remas buah mengkudu dan usapkan dengan lebut ke kulit yang bersisik atau kering secara merata mirip seperti memakai masker.
Biarkan kira-kira 15 menit agar kandungan zat-zat dalam buah mengkudu terserap kulit
Selanjutnya bersihkan, bisa di bersihkan dengan air hangat
Lakukan secara teratur minimal sekali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal

4. Untuk menghaluskan kulit

Untuk menghaluskan kulit buah mengkudu digunakan sebagai scrub, bagaimana cara melembutkan atau menghaluskan kulit dengan buah mengkudu!

Siapkan buah mengkudu, kali ini membut scrup dengan memblender buah mengkudu, usahakan jangan terlalu lembut.
Oleskan pada wajah atau tubuh merata secara perlahan/lembut untuk mendapatkan hasil yang maksimal
Diamkan selama 5-10 sampai kandungan zat-zat dalam mengkudu meresap ke dalam kulit
Bilas dengan air hangat hingga bersih.
Rasakan kelembutan dan halusnya kulit yang merupakan khasiat dari buah mnegkudu. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal

5.Membantu masalah radang pada kulit

Kandungan scolopetin pada buah mengkudu di klaim bisa mengurangi masalah peradangan pada kulit. Radang kulit di tandai dengan ruam berwarna merah-merah, Untuk meringankan peradangan pada kulit bisa menggunakan buah mengkudu yang sudah masak, cara yang di gunakan sama seperti metode yang digunakan pada kulit bersisik

6.Membantu memulihkan luka bakar pada kulit

Buah mengkudu memiliki kandungan/zat terpenoid yang di klaim mampu memulihkan sel-sel rusak di dalam tubuh seperti bekas luka bakar. Untuk memperbarui sel-sel yang rusak akibat luka bakar bisa di lakukan dengan buah mengkudu yang telah masak, cara yang digunakan sama seperti pada poin 3 yaitu cara mengatasi masalah keringat bersisik.

7.Anti bakteri

Kandungan dalam buah mengkudu yang memiliki sifat anti bakteri adalah senyawa antrakuinon dan terpana, kedua senyawa ini di klaim mampu melawan bakteri, parasit dan jamur apabila rajin melakukan perawatan rutin.

8.Membantu luka borok

Luka borok bisa di bantu dengan cara memarut buah mengkudu dan menempelkannya pada bagian borok, bagian yang bekerja adalah sifat anti bakteri buah mengkudu

9.Penangkal radikal bebas

Radikal bebas udara jahat yang ada di sekitar kita yang bisa berperngaruh terhadap kulit dan kesehatan, kandungat zat bioaktif di dalam buat mengkudu bisa membantu melawan/menangkal radikal bebas, dengan konsumsi buah mengkudu secara teratur secara teratur

10.Meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh

Orang dengan sistem imun yang rendah kemungkinan terserang penyakit akan lebih mudah. Kandungan vitamin C pada buah mengkudu memiliki manfaat atau khasiat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh dari berbagai macam penyakit agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Selain vitamin C kandungan lain seperti mineral, asam aminno, peptida, dan enzim yang terdapat pada buah mengkudu juga dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Disamping dapat meningkatkan sel darah putih (Limfosit merupakan salah satu jenis sel darah putih)

11.Mengurangi/ meredakan rasa sakit (kepala, nyeri sendi)

Rasa sakit bisa dikurangi dengan buah mengkudu yang memiliki sifat analgesik, analgesik biasa digunakan untuk meredakan nyeri sakit kepala juga nyeri sendi. Buah mengkudu memiliki zat analgesik sebesar 75% yang memilki sifat morfin sulfat

12.Anti inflamasi

Inflamasi adalah radang yang disebabkan bukan karena mikroorganisme (non infeksi/non steroid), biasa gejala inflamasi di tandai dengan gejala panas, kemerahan, bengkak, nyeri/sakit. Buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mencegah terjadinya peradangan.

13.Menurunkan tekanan darah tinggi

Khasiat buah mengkudu untuk menurunkan darah tinggi sudah banyak di lakukan sejak dahulu, kadungan apakah dalam buah mengkudu yang dapat membantu masalah darah tinggi ini? Buah mengkudu memiliki kandungan Xeronine yang memiliki manfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah. serta kandungan Fitonutrien Scopoletin membantu melebarkan pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah. Cara penggunaan buah mengkudu bisa direbus atau di konsumsi langsung dengan mengkupas kulitnya jika memungkinkan.

14.Membantu menurunkan kolesterol

Untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh bisa menggunakan air dan etanol hasil ekstrak buah mengkudu, dengan menurunkan kolesterol maka peredaran darah akan menjadi lancar tanpa adanya lemak yang menyumbat.

15.Menambah Stamina

Buah mengkudu apabila dikonsumsi rutin setiap hari akan meningkatkan stamina, caranya yaitu just buah mengkudu yang telah masak dengan anggur dan blackberry, diminum secara rutin selama 21 hari. Cocok untuk olahragawan dan pekerja berat

16.Menurunkan Demam

Perpaduan buha mengkudu dan kencur dapat membantu menurunkan demam, caranya adalah sebagai berikut :
-Buah mengkudu dicampur dengan parutan kencur, lalu rebus dengan dua gelas air hingga menjadi satu gelas air.
-Saring, konsumsi minumair rebusan hingga demam benar-benar sembuh

17.Membantu Masalah Ambien

Bagi yang mempunyai ambien dan tidak bisa duduk dalam waktu lama, berikut tips menggunakan buah mengkudu dan daun tanaman mengkudu untuk meringankan ambien.
-Ambil buah mengkudu dan daun mengkudu secukupnya
-Rebus daun dan buah mengkudu dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas air.
-Minum air rebusan secara teratur

Efek samping buah mengkudu


Selain banyak fungsi di atas ternyata buah mengkudu juga memiliki efek samping atau pantangan/peringatan bagi pemakai pada kondisi tertentu. Mengkudu aman selama di konsumsi dalam batas yang di sarankan, akan tetapi muncul kekhawatiran apabila mengkonsumsi buah mengkudu dalam jumlah yang tidak aman.

Warning/Peringatan bagi yang mengkonsumsi buah mengkudu :

Bagi ibu hamil dan menyusui

Hindari mengkonsumsi buah mengkudu pada ibu hamil, histori penggunaan mengkudu pada ibu hamil dapat beresiko keguguran. Begitu juga pada ibu menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi buah mengkudu karena tidak cukup diketahui keamanannya selama menyusui.

Memiliki masalah ginjal

Mengkudu kaya akan kalium dalam jumlah banyak. Hal ini bisa membawa masalah bagi yang memiliki penyakit ginjal. Jangan mengkonsumsi mengkudu jika memiliki masalah dengan ginjal

Memiliki masalah liver

Gangguan liver atau kerusakan hati banyak dikaitkan dengan buah mengkudu. sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah mengkudu jika memiliki masalah dengan liver atau hati



*Disclaimer

Buah mengkudu mulai dari batang, daun, buah, bunga, kulit batang, dan akar banyak digunakan sebagai metode pengobatan herbal sudah sejak jaman dahulu. Efektifitas buah/tanaman mengkudu ini sebenarnya masih belum terbukti.

Bahkan FDA (Food and Drug Administration) sudah mengeluarkan peringatan kepada produsen yang menjual obat herbal berbahan mengkudu, yang sudah mengklaim kesehatan tetapi tidak didukung oleh fakta-fakta.

FDA adalah badan pengawas obat dan makanannya Amerika, Pengawasan FDA dilakukan secara ketat. Sebagai konsumen kita harus pandai-pandai memilih metode yang benar terbukti dan aman.

Komentar